Sunday, January 13, 2013

Contoh analisis kebutuhan


KEGI-ATAN
TUJUAN KHUSUS
METODE
TEMPAT
HASIL
Analisis Need Assessment
Menggali potensi siswa dalam menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan faktorisasi Aljabar
Observasi
 diskusi
 SMP Muhammadiyah
Jika dihadapkan permasalahan yang berhubungan dengan Aljabar Peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkannya. Peserta didik memerlukan metode atau cara mudah untuk memcahkan permasalahan tersebut.
Standar Kompetensi   :1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar                     :1.2.Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.

Hasil Studi Lapangan tentang Masalah Yang Dihadapi / kesenjangan
Berdasarkan diskusi  diketahui bahwa: 90% menjawab, siswa bermasalah dalam menginvestigasi situasi/masalah matematika yang lebih kompleks; 79% menjawab, siswa bermasalah dalam mendefinisikan masalah matematika; 86% menjawab, siswa bermasalah dalam memilih dan menggunakan strategi yang sesuai untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Hasil Studi Lapangan tentang Kompetensi Guru/analisis Performance
Berdasarkan hasil Observasi lapangan diketahui bahwa, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sebagian besar guru menjelaskan konsep matematika dengan menekankan pada pentingnya keterampilan berhitung, langkah-langkah penyelesaian masalah, dan rumus-rumus matematika. Sebagian besar guru menjelaskan konsep matematika berdasarkan tema-tema yang ada dalam silabus, guru-guru memberikan latihan soal matematika yang mempunyai satu jawaban benar, dan guru-guru kesulitan mengembangkan tema-tema yang ada dalam silabus atau kesulitan dalam menemukan permasalahan sehari-hari yang sesuai dengan materi matematika yang diajarkan.


Hasil Studi lapangan tentang kendala dan sumber – sumbernya.

Berdasrkan hasil observasi lapangan diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran siswa mengalami kesulitan dalam menangkap isi materi matematika yang abstrak. Peserta didik membutuhkan fasilitas atau media – media pembelajaran yang dapat membantu dalam mengoptimalkan pembelajaran. Selain itu dalam pemecahan masalah peserta didik juga memerlukan waktu yang relatif lama dalam mengerjakan soal yang kompleks.

Hasil studi lapangan tentang karakteristik siswa
Berdasarkan hasil survey lapangan dapat disimpulkan bahwa: (1) 97% siswa aktif dalam pembelajaran matematika di kelas, (2) 89% siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah-masalah yang sifatnya non rutin, (3) 97% siswa lebih tertarik belajar matematika apabila materi matematika disajikan dalam bentuk tema-tema (dikaitkan dengan perma-salahan sehari-hari), (4) 86% siswa belum mampu berpikir kritis, kreatif, dan produktif dalam memecahkan masalah matematika




No comments:

Post a Comment

Post a Comment